BERITA DAN KEGIATAN

17/09/2015
PELATIHAN PENGOPERASIAN APLIKASI SIMAKDA BAGI BENDAHARA PENGELUARAN PEMBANTU DI LINGKUNGAN PEMERINTAH DAERAH PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan peng-install-an aplikasi SIMAKDA pada unit kerja – unit kerja di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang telah dilakukan sebelumnya, maka Badan Pengelolaan Keuangan Dan Asset Daerah Provinsi Kalimantan Barat mulai tanggal 15 September s.d. 18 September 2015 mengadakan kegiatan pelatihan pengoperasian aplikasi SIMAKDA dengan mengundang Bendahara Pengeluaran Pembantu di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat di ruang Audio Visual UPTD Pengolahan Data Elektronik (PDE) Komplek Kantor Gubernur Kalimantan Barat.

Diharapkan dalam pelatihan pengoperasian aplikasi ini bertujuan membantu pelaksanaan tugas sehari-hari Penatausahaan Keuangan Daerah khususnya pada Bendahara Pengeluaran Pembantu agar lebih efektif dan efesien, dan diharapkan dengan penggunaan aplikasi komputer akan menghasilkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual.

Dalam kegiatan ini Bendahara Pengeluaran Pembantu dilatih untuk melakukan penginputan data-data keuangan khususnya data-data dua bulan pertama sejak adanya transaksi selama tahun anggaran 2015 dan membawa dokumen-dokumen bendahara misalnya SPD, SPP, SPM, BKU, Buku Kas Tunai dan dokumen-dokumen lainnya sebagai bahan penginputan. Selanjutnya setelah kegiatan ini dilakukan, maka Bendahara Pengeluaran Pembantu akan melanjutkan penginputan transaksi-transaksi bulan berikutnya yang akan dilakukan sendiri dilokasi Unit Kerja masing-masing.

Jadwal pelaksanaan pelatihan pengoperasian aplikasi SIMAKDA bagi Bendahara Pengeluaran Pembantu dapat dilihat pada kolom : Pengumuman - Akuntansi.