BERITA DAN KEGIATAN

17/11/2015
LAUNCHING LELANG KENDARAAN BARANG MILIK DAERAH (KENDARAAN RODA 2 DAN RODA 4) PADA BPKAD PROV. KALBAR

PONTIANAK – Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) Provinsi Kalimantan Barat telah sukses menyelenggarakan Lelang Barang Milik Daerah (Kendaraan Roda Dua dan Roda Empat) perdana di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Keberhasilan pelaksanaan lelang ini berkat kerjasama yang baik antara KPKNL Pontianak dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.
Penghapusan aset melalui lelang terbuka ini merupakan terobosan baru yang perlu kita apresiasi, karena selama ini penghapusan aset Pemerintah Daerah dilakukan secara internal, kegiatan lelang kendaraan bermotor ini juga bertujuan untuk mengurangi beban anggaran pemeliharaan kendaraan dinas yang dinilai tidak efisien dan penempatan kendaraan dinas yang tidak tepat sasaran.
Pelaksanaan lelang ini terlebih dahulu diumumkan pada Harian Tribun Pontianak yang terbit pada tanggal 28 Oktober 2015, dan dilaksanakan pada Selasa, 3 November 2015 bertempat di lapangan parkir BPKAD Provinsi Kalimantan Barat. Sebanyak 67 peserta mendaftar dan mengikuti lelang dengan sistem penawaran lisan dan harga naik-naik.
Pada pelaksanaannya, dari sebanyak 7 unit roda 4 (empat) dan 23 unit kendaraan bermotor roda 2 (dua) yang dilelangkan, masih menyisakan 2 unit kendaraan roda 4 (empat) yaitu Nissan Grand Livina SV Tahun 2010 dan Toyota Kijang Super KF83 Tahun 2004. Sedangkan kendaraan bermotor roda 2 (dua) habis terjual.
Kemudian diharapkan pelaksanaan lelang terbuka ini, disusul oleh SKPD lainnya, sehingga efisiensi dan efektivitas pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) dapat lebih optimal serta sesuai dengan regulasi pengelolaan BMD.